Minggu, 12 Februari 2017

Kolam Terpal Bulat Sistem Bioflok

Budidaya Lele Sangkuriang Ramah Lingkungan Dengan Sistem Bioflok


Bagaimana cara budidaya lele sangkuriang dengan modal terjangkau, ramah lingkungan, dan juga menghasilkan panen lele yang sehat dan berkualitas? Caranya adalah dengan beternak lele sistem bioflok di kolam terpal bulat. Apa itu sistem bioflok?

Sistem bioflok merupakan salah satu sistem budidaya ikan lele sangkuriang dengan cara menumbuhkan mikroorganisme positif atau bakteri untuk mengolah limbah, seperti kotoran ikan lele sangkuriang dan sisa pakan ikan, menjadi flok atau gumpalan kecil. Flok ini kemudian menjadi pakan alami yang sehat dan bermanfaat bagi ikan itu sendiri.


Bahan Persiapan Pembuatan Air Kolam Bioflok



Cara budidaya lele sangkuriang dalam kolam terpal bulat dengan sistem bioflok sebenarnya tidak jauh berbeda dengan budidaya lele sangkuriang kolam terpal persegi atau kolam tanah. Hanya saja ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar budidaya lele sangkuriang sistem bioflok di kolam terpal bulat ini lebih optimal, seperti:

1. Luas kolam

Sebaiknya kolam terpal bulat dibuat dengan diameter 3-5 meter dan tinggi 120cm. Kolam terpal bulat dengan seluas ini sangat cocok untuk kepadatan tebar sampai 1500 benih (ukuran 4-7cm) per meter kubik.

2. Cara menumbuhkan bakteri pembentuk flok

Setelah kolam terpal siap dan terisi air, larutkan tepung terigu dan mollase. Dalam kurun 7-10 hari, air kolam tampak agak keruh dan terdapat flok seperti gumpalan debu di dalam kolam.

3. Pasang pompa air

Untuk meningkatkan kadar oksigen pada sistem bioflok kolam terpal bulat, sebaikya dipasang mesin pompa air atau aerator. Pompa yang digunakan biasanya pompa 43 watt setinggi 2,5 meter. Aerator ini sekaligus membantu proses pembentukan flok agar tidak mengendap.

4. Suhu dan tingkat pH kolam

Agar bakteri pembentuk flok mampu bekerja dengan optima, kestabilan pH dan suhu kolam perlu dijaga, terutama pada musim yang menentu. Sebaiknya pasang atap fiberglass untuk melindungi kolam terpal bulat dari penurunan atau peningkatan perubahan suhu dan tingkat pH secara drastis.


Kelebihan Kolam Terpal Bulat Sistem Bioflok


Selain lebih ramah lingkungan, inilah sederet kelebihan budidaya lele sangkuriang kolam terpal bulat sistem bioflok:

1. Hemat air

Karena limbah di dalam kolam telah diolah mikroorganisme positif menjadi flok untuk pakan alami ikan lele sangkuriang, maka air kolam tidak mudah kotor dan tentunya akan meminimalisir pergantian air. Namun jika air kolam mulai berwarna pekat, pengurangan dan penambahan air harus dilakukan agar kolam tetap sehat untuk pertumbuhan lele sangkuriang.

2. Pakan tercukupi

Ikan lele sangkuriang ternyata memiliki nafsu makan yang sangat tinggi namun ususnya pendek, sehingga kotoran yang dikeluarkan lebih banyak. Dengan adanya flok atau gumpalan dari olahan limbah dalam kolam yang menjadi pakan, maka ikan lele sangkuriang bisa mendapat lebih banyak makanan alami di dalam kolam.

3. Hemat biaya pakan

Karena telah tersedia pakan alami di dalam kolam, maka dosis pemberian pelet instan, yang ternyata hanya dikonsumsi ikan sekitar 20-30% saja, bisa lebih dihemat sampai dengan 30%.

4.  Lele sangkuriang lebih sehat

Budidaya lele sangkuriang kolam terpal sistem bioflok sangat memungkinkan menghasilkan ikan lele sangkuriang yang lebih sehat. Ini karena limbah kotoran dalam kolam telah diolah mikroorganisme positif menjadi flok untuk pakan. Dan karena media kolamnya adalah kolam terpal, lele sangkuriang akan jarang terserang penyakit atau hama dari tanah.

5. Masa panen singkat dan hasil panen maksimal

Dengan sistem bioflok, masa panen lele sangkuriang terbukti lebih cepat dibandingkan budidaya lele sangkuriang sistem konvensional. Produksi panen ikan lele sangkuriang pun lebih maksimal karena kepadatan tebar benih lele sangkuriang dalam kolam terpal bulat sistem bioflok ini bisa mencapai 1500 benih per meter kubik. 



Pemabahasan artikel selanjutnya: Analisa Usaha Budidaya Lele Sangkuriang Sistem Bioflok

Baca Juga: Kelebihan Kolam Terpal Bulat Untuk Budidaya Lele

Tidak ada komentar:

Posting Komentar