Rabu, 08 Februari 2017

Harga Kolam Terpal Bulat Lengkap

Modal Membuat Kolam Terpal Bulat


Budidaya ikan air tawar saat ini lebih mudah dilakukan tanpa perlu memiliki lahan yang super luas untuk pembuatan kolam tanah atau kolam batako. Dengan investasi awal yang jumlahnya relatif terjangkau, budidaya ikan air tawar di dalam kolam terpal sangat memungkinkan menjadi usaha yang menjanjikan untuk dijalankan pemula dari kalangan muda. Perlu diketahu cara pembuatan kolam terpal bulat ini juga sangat mudah


Nah, agar mendapatkan hasil panen ikan yang maksimal, budidaya ikan air tawar sebaiknya menggunakan kolam terpal bulat atau kolam bundar, karena:

1. Menampung lebih banyak benih
Pada kolam terpal bulat bisa diterapkan budidaya ikan sistem bioflok atau budidaya dengan kepadatan tebar benih yang tinggi. Bila di dalam kolam terpal persegi panjang menampung 2000-2500 ekor ikan, kolam terpal bulat berdiameter 4 meter mampu menampung 3000-4000 ekor.

 2. Kondisi kolam lebih sehat
Air kolam terpal relatif lebih bersih karena tidak tercemar hama dari tanah dan saluran pembuangan air atau kotoran bisa dibuat tepat di bagian tengah kolam.

Untuk memulai usaha budidaya ikan di kolam terpal tidak membutuhkan dana atau modal awal yang besar, serta perlengkapan pembuatan kolam pun lebih mudah dan menghemat waktu dibandingkan membuat kolam tanah dan kolam batako. Yang terpenting, bahan terpal untuk kolam haruslah yang berkualitas baik, tahan lama dan kuat menahan tekanan air, seperti:

1. Tarpaulin Korea
Terpal ini tampak lebih lentur, anyaman bagian dalamnya berupa serat-serat, berbeda dari terpal plastik yang anyamannya menyerupai karung. Berat tarpaulin korea bisa mencapai diatas 500 gram per meter persegi, lebih berat daripada terpal plastik. Tarpaulin korea tahan sampai lebih dari 5 tahun di dalam ruangan, dan 2 tahun di luar ruangan.




 2. Terpal Korea A15
Terpal korea A15 berbahan lebih tebal dengan berat kurang lebih 300 gram per meter persegi. Di dalam ruangan, terpal korea A15 awet sampai 5 tahun lebih. Bila terpapar sinar matahari langsung, masa pakainya sekitar 1,5 sampai 2 tahun.

3. Terpal Korea A12
Bahan terpal ini tidak terlalu tebal dibandingkan dengan terpal korea A15. Beratnya sekitar 200 gram per meter persegi. Di dalam ruangan, masa pakai bahan terpal korea A12 bisa bertahan di atas 3 tahun. Sementara di luar ruangan yang terpapar sinar matahari langsung, cukup awet sampai 1,5 tahun. 

Lalu, Berapa Harga KolamTerpal Bulat?


Harga terpal untuk kolam sangat beragam berdasarkan jenis bahan terpal. Bahkan anda juga bisa mendapatkan kolam terpal bulat siap pakai yang dijual sepaket dengan kerangka kolam dari besi wiremesh dan lubang pipa untuk saluran pembuangan air. Harga terpal gulungan (roll) dan harga kolam terpal siap pakai ini tentunya berbeda.




Berikut estimasi harga kolam terpal bulat siap pakai lengkap sebagai pertimbangan usaha perikanan anda:

1. Diameter 1 meter dan tinggi 1 meter, harganya sekitar 1 juta  sampai 1,2 juta rupiah.
2. Diameter 2 meter dan tinggi 1 meter, mulai 1,5 juta sampai sekitar 1,8 juta rupiah.
3. Diameter 3 meter dan tinggi 1 meter, berkisar antara 2 juta sampai dengan sekitar 2,2 juta rupiah.
4. Diameter 4 meter dan tinggi 1 meter, harganya mulai dari 2,5 juta rupiah.
5. Diameter 5 meter dan tinggi 1 meter, mulai dari 3,5 juta rupiah. 

Untuk pemula yang ingin membudidayakan ikan air tawar dalam kolam terpal bulat eksperimen dalam jangka waktu singkat, sebaiknya menggunakan kolam terpal bulat berukuran diameter 2 meter. Kolam ini mampu menampung sampai dengan 2000 benih ikan. 

Jika Anda berminat untuk membeli kolam terpal bulat yang siap pasang dengan kualitas premium Anda bisa langsung menghubungi kami di 0857 3001 8282. Kami dengan senang hati akan melayani kebutuhan kolam terpal bulat Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar